Kontes Literasi Matematika 2014 (KLM), 12 November 2014

FKIP MATEMATIKA UNSYIAH MELAKSANAKAN KONTES LITERASI MATEMATIKA (KLM)
TINGKAT SMP SE-PROVINSI ACEH

KLM2014_02Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Unsyiah, bekerjasama dengan Pusat Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (P4MRI) Unsyiah telah melaksanakan Kontes Literasi Matematika (KLM), tingkat SMP se-Provinsi Aceh pada hari Sabtu tanggal 15 November 2014. Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan yang bertujuan untuk mensosialisasikan soal-soal PISA (Programme for International Student  Assessment ). Selama ini ranking siswa Indonesia pada PISA selalu ranking lima terbawah.
Ketua pelaksana KLM, Dr. Rahmah Johar, M. Pd menjelaskan bahwa sosialisasi soal-soal PISA melalui KLM ini sangat sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013 yang menghendaki siswa tidak hanya mampu menyelesaikan soal-soal rutin dengan menggunakan rumus/algoritma yang baku, akan tetapi juga harus mampu bernalar dan menggunakan matematika untuk memecahkan masalah non-rutin yang ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Kemampuan seperti itu tidak mungkin dikuasai oleh siswa dengan sendirinya tanpa dilatihkan guru di kelas. Untuk itu guru matematika dituntut menyiapkan peserta didiknya agar menjadi literate (melek) dalam matematika sehingga mampu mengikuti berbagai perubahan global dan menempati ranking yang lebih baik pada penilaian internasional. Menurut Dr. Rahmah Johar, selaku ketua P4MRI Unsyiah  sekaligus ketua pelaksana, KLM 2014 diikuti oleh 82 siswa SMP yang berasal dari SMP di Kota Banda Aceh, Kabupaten Aceh Besar, dan Kota Sigli. Tahun depan diharapkan  peserta dari kabupaten dan Kota di provinsi Aceh lebih banyak lagi yang mengikuti kegiatan ini. Direncanakan kegiatan KLM tahun berikutnya akan diusulkan sebagai Program Pengabdian Masyarakat yang melibatkan dosen, mahasiswa, dan guru yang mewakili kabupaten dan Kota di provinsi Aceh.
Adapun soal untuk KLM 2014 dirancang oleh dosen, alumni S2 IMPoME (kerja sama Unsri dan Unesa dengan Utrecht University, Belanda), mahasiswa S2 MPMAT Unsyiah, dan mahasiswa S1 FKIP Unsyiah yang telah melaksanakan penelitian berkaitan dengan PISA. Soal-soal tersebut dirancang sendiri oleh tim pembuat dan beberapa diantaranya diadaptasi dari soal PISA tahun 2009 dan 2012. Sedangkan soal KLM tahun lalu dibuat oleh tim PMRI Pusat. Perlu juga dilaporkan bahwa KLM 2013 tahun lalu diikuti oleh 93 perserta dengan juara I adalah Aulia Ikhsan Nur Alam (SMPN 1 Banda Aceh), selanjutnya tingkat final di Yogyakarta memperoleh juara harapan II.
Pembantu Dekan IV FKIP Unsyiah, Drs. Abu Bakar, M. Si ketika membuka acara memberikan apresiasi kepada Prodi Pendidikan Matematika FKIP Unsyiah, bekerjasama dengan Pusat Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (P4MRI) Unsyiah karena telah melaksanakan KLM. Menurut Bapak Abu, berdasarkan pengalaman beliau selama menjadi asesor/konselor di beberapa perusahaan dan instansi, salah satu aspek penilaian yang sangat menentukan kelulusan ataupun kinerja pegawai/karyawan adalah kemampuan penalaran berkaitan dengan matematika dalam mengambil keputusan dan menyelesaikan masalah, sangat cocok dengan literasi matematika. Melalui KLM ini diharapkan anak-anak di Aceh maupun di Indonesia mampu bersaing di dunia kerja.

DOKUMENTASI KEGIATAN

Brosur KLM 2014

KLM2014_04

Pemenang KLM 2014

KLM2014_01Proses Penyerahan Penghargaan Pemenang KLM 2014 oleh Dr. Rahmah Johar, M.Pd.

KLM2014_03

Alamat Sekretariat:
Laboratorium Matematika FKIP Unsyiah
Gedung FKIP Lantai 2
Jl. Tgk. Hasan Krueng Kale
Darussalam, Banda Aceh
www.matematika.fkip.unsyiah.ac.id
E-mail: matematika@fkip.unsyiah.ac.id

TEMPAT KEGIATAN
Auditorium Lama Gedung Renovasi Lt.2 FKIP Unsyiah

KETUA PELAKSANA
Dr. Rahmah Johar, M.Pd.

 

455 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

14 + seventeen =