Kuliah Umum Pendidikan Matematika “Teacher Who Love Teaching, Teach Children to Love Learning”

A. LATAR BELAKANG

KU 2015_04

Pengembangan sumber daya manusia (SDM) telah menjadi suatu keputusan politik penting bagi masyarakat. Hal ini dapat dilihat dan digariskan dalam tujuan negara, salah satunya adalah mencerdaskan kehidupan bangsa. Pengembangan sumber daya manusia dapat dilakukan baik melalui pelatihan maupun pendidikan yang terprogram atau pendidikan formal.

Pendidikan yang terprogram ini lebih banyak diminati dan dikunjungi oleh masyarakat. Hal ini disebabkan adanya seleksi dari masyarakat yang diawali dari mutu pengajar, kredibilitas kampus serta proses kegiatan belajar-mengajar. Di samping itu faktor penyajian materi menurut bidang studi serta status lembaga pendidikan dan tidak kalah pentingnya, karena faktor-faktor tersebut berpengaruh kepada mutu lulusan, serta bagaimana prospek ke depan.

Terkait dengan hal tersebut, Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Unsyiah, Kuliah Umum Pendidikan Matematika dilaksanakan pada setiap tahun, hal ini merupakan salah satu bentuk upaya yang dilakukan Prodi Pendidikan Matematika untuk terus menciptakan lulusan-luasan yang berwawasan luas dan berahklah mulia khususnya pada luluasan pendidikan matematika.

Dengan memberikan wawasan terbaru sesuai dengan kondisi saat ini, maka perlu dilakukan upaya yang berbeda untuk menciptakan suasana baru kepada seluruh peserta (mahasiswa S1, S2, Guru, dan Dosen) sebagai wujud dan kepedulian Prodi dalam rangka mendukung dan bertanggung jawab penuh atas stakeholdernya.
Kuliah Umum itu sendiri memiliki banyak manfaat terkait pembahasan bagaimana mengajar dengan mengaitkan semangat siswa selama proses belajar, menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, cara menggali pengetahuan pelajar, maupun pembentukan wawasan baru terkait perkembangan zaman yang semakin pesat.

B. Nama dan Tema Kegiatan
Kegiatan yang akan dilakukan adalah Kuliah Umum Pendidikan Matematika FKIP Universitas Syiah Kuala. Tema kegiatan “Teacher Who Love Teaching, Teach Children to Love Learning “.

C.Tujuan Kegiatan
Tujuan kegiatan Kuliah Umum adalah meningkatkan pemahaman dan membuka wawasan calon guru, guru, dan dosen sehingga semangat belajar para siswa/mahasiswa semakin meningkatkan.

D. Output Kegiatan
Adapun output dari pelaksanaan kuliah umum ini diantaranya:
a.Dapat meningkatkan kualitas, kinerja, pengetahuan, wawasan mahasiswa, staf pengajar sebagai motivator bagi siswa/mahasiswa.
b.Mengembangkan minat dan bakat yang dimiliki oleh siswa/mahasiswa

E. Lingkup Kegiatan
Kegiatan yang dilaksanakan pada Kuliah Umum Pendidikan Matematika meliputi diskusi terbuka terkait tema “Teacher Who Love Teaching, Teach Children to Love Learning “.

F. Waktu dan Tempat Kegiatan
Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu, tanggal 17 Oktober 2015, bertempat di Ruang Auditorium lantai 3 Gedung Baru FKIP Unsyiah, Darussalam, Banda Aceh.

G. Ketua Pelaksana
Mukhlis Hidayat, S.Pd., M.Kom.

H. Dokumentasi Kegiatan

KU 2015_02

KU 2015_05

KU 2015_03

KU 2015_06

Alamat Sekretariat:
Laboratorium Matematika FKIP Unsyiah
Gedung FKIP Lantai 2
Jl. Tgk. Hasan Krueng Kale
Darussalam, Banda Aceh
www.matematika.fkip.unsyiah.ac.id
E-mail: matematika@fkip.unsyiah.ac.id

cp: Iwannitona

430 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

eleven + twenty =