Workshop Pengembangan Silabus dan SAP Pendidikan Matematika

WORKSHOP PENGEMBANGAN SILABUS DAN SAP PENDIDIKAN MATEMATIKA

WS Silabus & SAP2015_05

Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Unsyiah merupakan salah satu Jurusan yang mengembangkan pendidikan matematika untuk menghasilkan lulusan calon guru yang mampu menghadapi perubahan zaman yang semakin menuntut keefektifan serta efisiensi guru dalam proses belajar mengajar. Mengasah potensi guru, serta memperkaya wawasan. Mengasah potensi guru, serta memperkaya wawasan. Pada tanggal 02 September 1961, Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan Universitas Syiah kuala didirikan dengan nama Jurusan Ilmu Pasti Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, yang merupakan realisasi Surat Keputusan Menteri PTIP Nomor 09/1961, tertanggal 20 Juni 1961 dengan 4 (empat) Jurusan yaitu Jurusan Ilmu Pasti, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Jurusan Ilmu Hayat dan Jurusan Ilmu Pendidikan yang merupakan salah satu syarat perlu dilengkapi untuk dapat disahkan berdirinya Universitas Syiah Kuala.

Berdasrkan Visi dan Misi Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala dimana dengan bunyi Visi tersebut adalah menjadikan Jurusan Pendidikan Matematika sebagai Pusat Pendidikan, Penelitian, dan Pengembangan Pendidikan Matematika, guna menghasilkan Pendidik yang Profesional, Beriman dan Bertaqwa serta memiliki Reputasi tingkat Lokal, Nasional maupun Internasional. Adapun Misi PSPM adalah sebagai berikut:

1.Menyelenggarakan pendidikan matematika berkualitas untuk menhasilkan lulusan yang memiliki keunggulan, profesional, berdaya saing tinggi, berbudi pekerti, disiplin, tanggungjawab, beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu mengajar di semua jenis sekolah serta melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi.
2.Mendorong staf pengajar meningkatkan penen, pengabdian kepada masyarakat, publikasi ilmiah di tingkat nasional, internasional dalam bidang pendidikan matematika dan mendukung meningkatkan kualitas kompetensi lulusan serta kualitas pembelajaran matematika di sekolah.
3.Melaksanakan dan meningkatkan kerja sama yang sinergis dengan lembaga pemerintah dan lembaga lainnya dalam rangka ditribusi penggunaan lulusan dan peningkatan kualitas pendidikan matematika.
4.Menerapka manajemen partisipatif, substantif, serta transparantif dengan melibatkan seluruh komunitas akademik program studi, alumni, dan kelompok berkepentingan yang terkait (stakeholders).
5.Mewujudkan jaringan sistem informasi manajemen dalam rangka memberi pelayanan akademik dan administrasi kepada komunitas akademik dan masyarakat luas.

Sementara itu jurusan matematika memiliki tujuan yaitu dalam upaya menghasilkan sarjana pendidikan matematika yang memiliki keunggulan kompetitif dan komparatif sesuai standar mutu nasional untuk menyelesaikan masalah-masalah matematika dan kehidupan sehari-hari. Oleh sebab itu salah satu cara untuk meningkatkan kualitas Dosen Pendidikan Matematika  selaku tenaga pengajar utama adalah mengadakan workshop dan pelatihan. Untuk keperluan tersebut Jurusan Pendidikan Matematika akan mengadakan Workshop Pengembangan Silabus dan SAP. Harapan dari workshop ini adalah sebagai sarana untuk meningkatkan kualitas, kinerja, pengetahuan, dan wawasan Dosen Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Unsyiah. Hal ini juga bertujuan untuk peningkatan akreditasi Progam Studi Pendidikan Matematika serta Universitas Syiah Kuala.

WS Silabus & SAP2015_01

A.Gambaran Umum
Akreditasi Program Studi adalah memberikan jaminan bahwa Program Studi yang terakreditasi telah memenuhi standar mutu yang ditetapkan oleh BAN-PT, sehingga mampu memberikan perlindungan bagi masyarakat dari penyelenggaraan Program Studi yang tidak memenuhi standar. Standar yang dituntut sekurangnya ada 7 yaitu: (1) Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran, serta Strategi Pencapaian, (2) Tata Pamong, Kepemimpinan, Sisi Pengelolaan , dan Penjamin Mutu (3) Mahasiswa dan Lulusan (4) Sumber Daya Manusia (5) Kurikulum, Pembelajaran, dan Suasana Akademik (6) Pembiayaan, Sarana dan Prasarana, serta Sistem Informasi, dan (7) Penelitian, Pelayanan/Pengabdian kepada Masyarakat.
Standar Penelitian Program Studi Pendidikan Matematika sangat berpengaruh pada Hasil Akreditasi Program Studi. Dalam standar ini dosen dituntut untuk meningkatkan publikasi, mendesiminasikan karya ilmiah dan meningkatkan jumlah pertemuan ilmiah prodi.
Hasil akreditasi Program Studi dan hasil Evaluasi Mutu Internal (EMI) Program Studi Pendidikan Matematika, Nilai rata-rata Standar penelitian masih rendah. Jumlah artikel ilmiah masih di bawah rata-rata, dan jumlah pertemuan ilmiah untuk mendesiminasikan hasil penelitian yang diselenggarakan oleh Program Studi pertahun baru setahun sekali.

Kegiatan Workshop Pemutakhiran Kurikulum Pendidikan Matematika Berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dengan menghadirkan Dosen Tamu dari UPI Bandung, dapat meningkatkan wawasan para dosen, guru,  dan Alumni Mahasiswa berkaitan dengan KKNI.

B.Nama dan Tema Kegiatan
Kegiatan yang dilakukan adalah Workshop Pengembangan Silabus dan SAP Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Syiah Kuala Tahun 2015.

C.Tujuan Kegiatan
Pengajar adalah salah satu ujung tombak dari kesuksesan penyampaian tujuan perkuliahan. Oleh karena itu, penting agar pengajar memahami terlebih dulu filosofi diadakannya mata kuliah, tujuan pelaksanaannya, materi apa saja yang akan diberikan, serta bagaimana pelaksanaannya. Dengan demikian tujuan dari pelaksanaan workshop ini adalah:
1.Meningkatkan kualitas, kinerja, pengetahuan, dan wawasan Dosen Jurusan Pendidikan Matematika  FKIP Unsyiah demi terwujudnya pendidikan yang lebih baik.
2.Sosialisasi Silabus dan SAP, sebagian bahan ajar, dan operasional yang lain.
3.Menyamakan persepsi tentang pelaksanaan perkuliahan Program Studi Pendidikan Matematika pada kurikulum 2013

D.Manfaat
Manfaat dari Kegiatan adalah
1.Intensitas pertemuan ilmiah Program Studi Bertambah,
2.Merevisi Kurikulum Pendidikan Matematika sesuai KKNI,
3.Meningkatkan Akreditasi Program Studi dengan meningkatnya Jumlah Dosen Tamu dan Publikasi Ilmiah Dosen.

E.Output Kegiatan
Adapun output dari pelaksanaan workshop ini diantaranya:
a.Dapat meningkatkan kualitas, kinerja, pengetahuan, dan wawasan Dosen Pendidikan Matematika FKIP Unsyiah secara optimal melalui kegiatan Workshop Pengembangan Silabus dan SAP.
b.Mampu memberikan ide secara kreatif, inovatif, dan dinamis dalam proses Workshop
c.Mampu menghasilkan produk aplikasi pembelajaran Matematika yang lebih baik.

F.Lingkup Kegiatan
Kegiatan yang dilaksanakan pada Workshop Pengembangan Silabus dan SAP adalah kegiatan pelatihan.

G.Waktu dan Tempat Kegiatan
Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu sampai dengan Senin, 6 – 8 Juni 2015 bertempat di FKIP Unsyiah Ruang Laboratorium Pendidikan Matematika FKIP Unsyiah.
Keuntungan: setiap peserta akan mendapatkan sertifikat yang dapat digunakan untuk 1) usulan dosen/guru/siswa/mahasiswa berprestasi atau 2) usulan naik pangkat.

H.Narasumber
Drs. Salasi R, M.Pd    (Dosen FKIP Matematika Unsyiah)

I.Ketua Pelaksana
Dra. Tuti Zubaidah, M.Pd.

J.Dokument Kegiatan

WS Silabus & SAP2015_02

WS Silabus & SAP2015_03

WS Silabus & SAP2015_04

Alamat Sekretariat:
Laboratorium Matematika FKIP Unsyiah
Gedung FKIP Lantai 2
Jl. Tgk. Hasan Krueng Kale
Darussalam, Banda Aceh
www.matematika.fkip.unsyiah.ac.id
E-mail: matematika@fkip.unsyiah.ac.id

cp: Iwannitona, S.Pd.

528 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

18 − one =