Ibu Dr. Rahmah Johar, M.Pd. Presentasi pada Konfrensi the Psychology of Mathematics Education (PME) ke 41 pada Tanggal 17-22 Juli 2017 di Singapore

Ibu Dr. Rahmah Johar, M.Pd. Dosen Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Unsyiah mengikuti kegiatan Seminar Internasional di Singapore, Seminar ini dilaksanakan berbeda dengan kegiatan Seminar pada umumnya, terkait presentasi yang dipaparkan oleh keynote speaker, disajikan dalam bentuk poster dengan memberikan kesempatan secara penuh kepada pengunjung untuk bertanya secara langsung dan berkelanjutan. Kegiatan seperti ini diharapkan dapat memberikan informasi secara luas kepada pengunjung, tanpa adanya keterbatasan waktu dan tempat.

Presentasi pertama yang disajikan oleh Dr. Rahmah Johar, M.Pd. dilaksanakan pada hari Kamis, 20 Juli 2017 dengan judul “The Students Creative Thinking Ability Through Elpsa Framework” menjadi pemicu pengunjung untuk menggali informasi lebih jauh dari poster yang ditampilkan di PME 41 Confrence Singapore. Salah satu pengunjung poster ini adalah Julia Joklitschke dari Germany.

RJ Seminar Singapura 01

Presentasi poster kedua oleh Dr. Rahmah Johar, M.Pd. disajikan dalam bentuk yang sama yang dikunjungi oleh Kim Beswick dari Australia. Beswick sangat antusias terkait hasil yang disampaikan oleh Dr. Rahmah Johar, M.Pd. terutama jika di Indonesia. Poster ini ditampilkan pada Hari Sabtu, 22 Juli 2017 dengan Judul “Teacher Effort in Implementing Democratic Classroom in Mathematics Learning.

RJ Seminar Singapura 02

Di samping kegiatan utama, Dr. Rahmah Johar, M.Pd. juga menyempatkan diri bersama ahli pendidikan matematika dari University of Canberra (dari kiri ke kanan) Prof. Tom Lowrie, Tracy Logan, dan Ass. Prof. Sitti Maesuri Patahuddin. Pertemuan ini membahas terkait perkembangan pendidikan matematika di masing-masing negara.

RJ Seminar Singapura 03

RJ Seminar Singapura 04

RJ Seminar Singapura 05

Prof. Tom Lowrie sudah menyatakan kesediaan sebagai keynote speaker pada SEA-DR Conference dan Workshop Penulisan Jurnal Internasional yang akan dilaksanakan pada April 2018 mendatang di Universitas Syiah Kuala, begitu juga dengan Ass.Prof.Sitti Measuri Patahuddin sudah menyatakan kesediaan sebagai keynote speaker pada Seminar Nasional dan Workshop Penulisan Jurnal Internasional pada Bulan Oktober 2017 Mendatang.

Menurut Dr. Rahmah Johar, M.Pd., kegiatan-kegiatan seminar seperti ini dapat dijadikan masukkan untuk seminar internasional kedepan, karena dapat memberikan suasana baru kepada peserta lainnya. Selain itu presentasi yang dilakukan yang dimuat dalam bentuk poster juga dapat memberikan hasil yang memuaskan kepada pengujung untuk melahirkan ide-ide baru seputar penelitian internasional. Berdasarkan kegiatan ini banyak sekali topik-topik yang dapat dijadikan ide, masukkan, dan informasi bagi mahasiswa program sarjana dan pascasarjana pendidikan matematika FKIP Unsyiah terkait karya ilmiah yang sedang dilaksanakan.

dari kegiatan tersebut, melalui media sosial Bapak Mukhlis Hidayat, S.Pd., M.Kom. Dosen Pendidikan Matematika FKIP Unsyiah menanggapi “Apa komentar yang paling banyak dari partisipan?”.

Komentar mereka bervariasi, ada yang menanyakan rubrik menilai kreativitas, bagaimana mengimplementasikan ELPSA dalam pembelajaran matematika? bagaimana selama ini pembelajaran matematika di Indonesia? apakah sudah menerapkan democratic classroom atau belum? mengapa democratic classroom itu penting? Bagaimana mengukurnya? dan sebagainya. Tutur Ibu Dr. Rahmah Johar, M.Pd. (melalui media sosial yang sama).

Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Matematika
Universitas Syiah Kuala
Jl. Tgk. Hasan Krueng Kalee
Darussalam, Banda Aceh
Gedung FKIP Lantai 2
matematika.fkip.unsyiah.ac.id
matematika@fkip.unsyiah.ac.id

 

 

241 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

fifteen − 15 =