Dr. Rahmah Johar, M. Pd menerapkan Pembelajaran di Luar Kelas dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe JIGSAW pada Mata Kuliah Persamaan Differensial PSPM FKIP Unsyiah

Mata Kuliah Persamaan Differensial dirasakan sulit oleh sebagian besar mahasiswa, oleh karena itu Ibu Dr. Rahmah Johar, M.Pd. membuat suasana belajar menjadi berbeda dengan pembelajaran pada umumnya, dengan melaksanakan pembelajaran yang menyenangkan diharapkan hasil belajar pada mata kuliah ini dapat berjalan maksimal melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe JIGSAW. Kegiatan ini dilaksanakan di taman bermain TK Bungong Seleupok Jl Inong Balee No A5, Syiah Kuala, Banda Aceh, Darussalam.

Selama proses pembelajaran berlangsung, mahasiswa dibagi terlebih dahulu ke dalam beberapa kelompok, dimana dalam setiap kelompok terdapat Tim Ahli dan Tim Asal. Mula-mula Tim Ahli dikumpulkan untuk membahas materi penyelesaian PD tidak homogen berdasarkan bimbingan Dr. Rahmah Johar, M.Pd. secara langsung. Setelah Tim Ahli selesai, Tim Ahli dikembalikan ke Tim Asal untuk menjelaskan kembali hasil diskusi dari Tim Ahli ke Tim Asal. Setiap anggota Tim Asal dituntut bisa memahami penjelasan dari Tim Ahli, demikian seterusnya hingga setiap anggota dalam suatu kelompok menjelaskan keahlian masing-masing.

Diakhir kegiatan Dr. Rahmah Johar, M.Pd. memanggil salah satu kelompok secara acak untuk mempresentasikan hasil diskusi pada Tim Asal. Sementara kelompok lainnya menanggapi, sesuai arahan dari pembimbing.

RJ JIGSAW PD _1

Foto 1 Diskusi Kelompok Mahasiswa dengan menerapkan model pembelajaran JIGSAW

RJ JIGSAW PD _2

Foto 2 Dr. Rahmah Johar, M.Pd. membimbing diskusi dalam Kelompok

RJ JIGSAW PD _3

Foto 3 TIM Ahli Mendiskusikan permasalahan yang diberikan sesama TIM Ahli

RJ JIGSAW PD _4

Foto 4 TIM Ahli menjelaskan kepada Tim Asal

152 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 × one =