Aulia Mustika, Mahasiswa Pendidikan Matematika Unsyiah PPL di Lop Buri, Thailand

Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) kembali membuka kesempatan kepada seluruh mahasiswa khususnya Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) untuk melaksanakan Magang III (PPL) di tingkat Internasional. Kegiatan ini diselenggarakan pada setiap tahunnya untuk meningkatkan pengalaman mahasiswa dalam mengajar sekaligus untuk melihat perbandingan dan perkembangan dunia pendidikan lokal dengan Internasional.

Program Studi Pendidikan Matematika (PSPM) dari FKIP Unsyiah ikut mengirimkan beberapa mahasiswa untuk mengikuti program tersebut. Diantaranya adalah mahasiswa yang sedang dan akan mengambil mata kuliah praktikum mengajar (Magang III). Mahasiswa yang dipilih merupakan mahasiswa yang dianggap mampu menguasai bahasa inggris terutama dalam bidang matematika. Oleh sebab itu ketua PSMP FKIP Unsyiah (Ibu Dra. Suryawati, M.Pd.) melakukan tinjauan langsung melalui percakapan/wawancara terkait kesiapan dan kemampuan mahasiswa yang sudah terpilih untuk mengikuti program tersebut.

Aulia Mustika biasa sering di panggil aulia/aumus, merupakan mahasiswa PSPM angkatan 2014 pewakilan mahasiswa dari FKIP Unsyiah yang terpilih dalam mengikuti kegiatan PPL Internasional melalui SEA Teacher Project di Southeast Asian Ministers of Education Organization (SEAMEO).

SEA Teacher Project merupakan salah satu program dari SEAMEO, pada 4th Batch of Students Exchange (SEA Teacher Project) dengan 271 mahasiswa dari 27 Universitas di Indonesia, Filipina, dan Thailand. Unsyiah adalah salah satu dari Universitas di Indonesia yang termasuk dalam SEAMEO tersebut. Sementara SEAMEO merupakan sebuah organisasi internasional yang didirikan pada tahun 1965 antara pemerintah negara-negara Asia Tenggara untuk mempromosikan kerjasama regional dibidang pendidikan, ilmu pengetahuan dan kebudayaan di Asia Tenggara.

Pada kesempatan ini, Aulia dinyatakan lolos sebagai perwakilan Unsyiah ke Negara Thailand setelah melewati beberapa tahapan. Thepsatri Rajabhat University (TRU) adalah host universitas Aulia dan The Demontstration School of Thepsatri Rajabhat Universitiy yaitu sekolah tempat Aulia melaksanakan PPL (Magang III) yang terletak di provinsi Lop Buri Thailand. Bukan hanya Aulia, akan tetapi dua teman dari Universitas yang sama, serta tujuh teman lainnya yang berasal dari universitas di Indonesia.

4th Batch of Students Exchange (SEA Teacher Project) ini diselenggarakan selama satu bulan lamanya, dimulai sejak 7 Agustus 2017 s.d. 5 September 2017. Prosedur kegiatan yang dilaksanakan adalah Orientation, Observation, Teaching assistant, Teaching practice dan Evaluation.

Orientasi dilaksanakan selama satu hari pada minggu pertama di Thepsatri Rajabhat University serta dihadiri oleh direktur-direktur dari sekolah yang menjadi tempat Aulia PPL. Orientasi tersebut dilaksanakan dengan tujuan untuk menjelaskan mekanisme kegiatan dan aturan-aturan yang berlaku selama kegiatan berlangsung. Setelah selesai orientasi Aulia mengikuti perkenalan gedung di the demonstration school of Thepsatri Rajabhat University.

 

Kegiatan observation dan teaching assistant dilaksanakan pada hari terakhir di minggu pertama dan minggu kedua. Selain itu, Aulia juga menjadi asisten guru di tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA), yaitu kelas: 4/2, 4/3, 5/2, 5/3.

“Sudah menjadi rahasia umum bahwa pelajaran matematika terkesan rumit dan kurang diminati siswa. Uniknya, meskipun dalam penyampaian materi matematika dengan gaya dan pola bahasa yang berbeda dengan biasanya, namun dapat dipahami dengan melihat angka-angka dan simbolnya, yang disebut The Power of Number” tutur Aulia.

Cara guru mengajar pada umumnya menggunakan model pembelajaran langsung, materi disampaikan oleh guru diberikan meliputi contoh dan latihan siswa. Suasana kelas sama halnya dalam belajar matematika pada umumnya, ada siswa yang serius dan ada juga siswa yang kurang serius. Walaupun demikian, siswa mengerti apa yang dijelaskan oleh gurunya, ketika disuruh untuk mengerjakan latihan di papan tulis siswa dapat menjawab dengan benar. Di sisi lain, terdapat beberapa kelas secara khusus dibuat oleh guru untuk mengerjakan latihan secara bersama-sama.

 

Inti dari kegiatan ini adalah Teaching Practice. Setelah memakan waktu kurang lebih seminggu persiapan mengajar, tiba waktunya untuk praktet dalam mengajar di kelas.

Aulia praktek mengajar di kelas 4/3 dengan materi Polynomial (operasi pada polynomial). “Tidak saya pungkiri jika rasa gugup itu muncul disaat menanti jam pelajaran matematika yang hendak dimulai. Saya menggunakan model kooperatif, metode diskusi, dan game. Adanya game agar siswa lebih tertarik akan materi yang akan dipelajari. Time to teaching practice. Memulai dengan salam dan perkenalan dengan mengabsen siswa, tertawa, iya! Karena pengucapan yang berbeda. Setelah itu membentuk siswa menjadi beberapa kelompok, dan saya melanjutkan menyajikan materi dalam slide power point. tutur Aulia.

Aulia menambahkan bahwa, untuk melihat kepahaman siswa terhadap materi yang disampaikan, dilakukan dengan meminta beberapa siswa untuk menjawab soal latihan di papan tulis. Alhamdulillah siswa bisa menjawab dengan tepat. Hingga tiba saatnya untuk bermain game, dimana game yang diberikan adalah ular tangga. Sama halnya seperti permainan ular tangga pada umumnya, namun terdapat perbedaan seperti adanya soal matematika yang harus diselesaikan untuk menyelesaikan permainan tersebut. Setiap permainan ada menang dan ada yang kalah. Diakhir permainan siswa diberikan penghargaan kepada setiap pemenang. Setiap pembelajaran tak selalu mulus, ada juga kesulitan yang dialami seperti perbedaan bahasa dan kesulitan dalam mengontrol keadaan kelas.

Selama persoalan yang dihadapi Aulia dalam mengajar, ada mentor yang selalu siap membantu, beliau menjelaskan sedikit apa yang disampaikan Aulia kepada siswa menggunakan bahasa Thailand. Kemudian pada saat situasi kelas sulit diatasi, maka biasanya Aulia mengungkapkan kata “Hi…!” maka siswa menjawab “Hallo….!” begitu juga sebaliknya. Dengan demikian siswa kembali fokus pada pelajaran yang diberikan.

Sebelum mengakhiri pembelajaran, Aulia selalu membuat latihan untuk melihat pemahaman siswa lebih lanjut. Hingga pada akhirnya 100 menit berlalu dengan cepat, jam pelajaran pun selesai. “Terimakasih siswaku, atas pengalaman yang luar biasa” ungkap Aulia dengan rasa senang.

Siswa diskusi kelompok

Siswa mempresentasi hasil diskusi dalam kelompok

Siswa lainnya memperhatikan kelompok yang presentasi

Siswa bermain ular tangga matematika

Siswa menunggung hasil pemenang dalam game

Pemberian penghargaan kepada tim yang menang

Foto bersama di akhir pembelajaran

Penarikan kesimpulan pembelajaran berdasarkan bimbingan guru

Pada minggu terakhir, kegiatan yang dilaksanakan adalah evaluasi, dimana setiap dari kami presentasi mengenai pengalaman selama berada di Thailand. Setelah itu ada acara pesta perpisahan yang disebut dengan farewell party. Dalam kegiatan ini ada penampilan seni dari setiap negara. Mahasiswa dari TRU mempersembahkan tarian tradisional mereka, begitu pula dengan mahasiswa Indonesia menampilkan paduan suara lagu kebangsaan Indonesia yaitu “Indonesia Raya” dan lagu nasional “Dari Sabang Sampai Merauke” serta menampilkan tarian daerah dari Papua Barat yaitu Ramko Rambe Yamko dengan gerakan kreasi. Kegiatan berlangsung dengan lancar dan penuh keakraban. Hingga akhirnya tiba waktu kembali ke tanah air.

Dokumentasi

 

Oleh Aulia Mustika
Mahasiswa pendidikan matematika Unsyiah

Begitu banyak kesan dan pengalaman berharga yang saya peroleh mulai dari: teman bahkan seperti memiliki keluarga baru di Negara lain, peningkatan kemampuan dalam berbicara dan memahami lawan bicara dalam bahasa inggris, mengetahui budaya dari Negara lain serta yang paling saya sukai adalah ketika bersalaman tak harus berjabatan tangan. Masih banyak hal lainnya yang tak sanggup saya uraikan. Kepada teman dan adik-adik ayo semangat dalam menempuh study ini baik ilmu dunia dan ilmu akhirat, perbanyaklah pengalaman, dari pengalaman kita bisa belajar dan lebih paham akan artinya hidup ini.

Ingin lebih mengenal saya, atau Tanya jawab lebih lanjut bisa melalui media sosial:
WhatsApp : 082167637757
Line : auliamustika14
Instagram : auliamustika14
Blog : http://auliamustika14.wordpress.com

Program Studi S1 Pendidikan Matematika FKIP Unsyiah

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *