Kuliah Umum Panduan Penulisan Proposal dan Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika Sabtu, 3 Maret 2018

Program Studi Pendidikan Matematika (PSPM) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) telah melaksanakan program sosialisasi kepada seluruh mahasiswa PSPM FKIP Unsyiah terkait panduan penulisan proposal dan skripsi pada hari Sabtu, 3 Maret 2018 di Auditorium FKIP Unsyiah Lt.3. Kegiatan ini dilaksanakan bertujuan untuk memberikan motivasi percepatan studi selama kuliah sekaligus sosialisasi informasi seputar akademik yang berlaku pada kurikulum baru dilingkungan PSPM FKIP Unsyiah.

Kegiatan ini dihadiri oleh peserta mahasiswa sebanyak 310 orang mahasiswa dari berbagai angkatan, wakil dekan 3 Drs. Abu Bakar, M.Si., dan seluruh dosen pendidikan matematika. Di awal kegiatan dibuka oleh ketua jurusan pendidikan matematika oleh Bapak Dr. M. Ikhsan, M.Pd. dimana beliau menjelaskan bahwa meningkatkan kualitas pendidikan itu sangat penting, bukan hanya dipandang dari teknik belajar selama studi agar cepat selesai, melainkan juga diiringi dengan banyak-banyak mengulang kembali materi yang telah lalu, walaupun diluar perkuliahan belum mengajar baik bimbel maupun sekolah.

Selanjutnya secara resmi dibuka oleh Bapak Drs. Abu Bakar, M.Si. selaku wakil dekan 3 FKIP Unsyiah dengan memberikan kiat-kiat membangun motivasi yang tinggi selama berada di perguruan tinggi, hal tersebut menjelaskan bahwa, belajar di perguruan tinggi itu sangat luas, bukan saja belajar sesuai bidang, melainkan juga belajar arti kehidupan, tanggungjawab moral, dan akhlak.

Pada kegiatan inti, narasumber pertama Dr. Mailizar, S.Pd.,M.Ed. merupakan dosen muda pendidikan matematika yang baru saja selesai menyelesaikan program doktor di University of Southampton, Southampton, UK. PhD in Mathematics Education, Concentration: ICT in Mathematics Education. October 2013- January 2018. Beliau menyampaikan, kiat motivasi yang luas dan tata cara mendapatkan beasiswa dalam dan luar negeri. Secara garis besar beliau menyampaikan bahwa peluang mendapatkan beasiswa luar negeri lebih besar dibandingkan di dalam negeri, karena pihak penyedia beasiswa luar negeri lebih banyak dibandingkan dalam negeri. Namun tentu ada lebih dan kurangnya, dimana beasiswa luar negeri itu membutuhkan score toefl yang lebih tinggi, sehingga diperlukan upaya maksimal untuk mencapai beasiswa tersebut.

Narasumber kedua adalah koordinator prodi S1 Pendidikan Matematika FKIP Unsyiah yaitu Dr. Cut Morina Zubainur, S.Pd., M.Pd., Beliau menyampaikan kurikulum saat ini telah terjadi perubahan dari kurikulum sebelumnya, perubahan ini dilakukan dalam rangka perbaikan kinerja dan terkendali oleh PSPM selama mahasiwa studi. Sehingga selama studi, mahasiswa tidak lagi mengalami kendala terkait aturan-aturan yang berlaku selama dan sesudah studi. Hal ini juga diharapkan dapat menjawab semua kendala-kendala yang dihadapi oleh mahasiswa PSPM FKIP Unsyiah selama ini baik dalam menyusun proposal dan skripsi, seperti masalah judul, pembimbing, penguji, ide penelitian, teknik pengolahan data, referensi, maupun gaya bahasa dalam penulisan proposal dan skripsi tersebut.

Dr. Cut Morina Zubainur, S.Pd., M.Pd. melanjutkan dalam rangka memberikan arahan kepada seluruh mahasiswa yang sedang menyusun tugas akhir juga lebih terarah dan sistematis, sekaligus tidak terjadinya timpang tindih materi yang sama terhadap penelitian sebelumnya, kemudian kegiatan ini bertujuan untuk mengarahkan mahasiswa agar setelah selesai ujian sidang sarjana, mahasiswa diwajibkan untuk membuat tiga buah jenis artikel yang berbeda (sub bagian dari isi skripsi) yang nantinya akan dimuat pada Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM), jurnal peluang (jurnal pendidikan matematika), dan publikasikan pada seminar nasional pendidikan matematika yang dimuat dalam prosiding, baik tingkat lokal, nasional, maupun internasional. Selanjutnya, bagi mahasiswa yang akan melaksanakan seminar proposal skripsi, diwajibkan untuk mengikuti seminar proposal mahasiswa lainnya minimal sepuluh kali pertemuan.

Narasumber bersama dosen pendidikan matematika FKIP Unsyiah

Peserta Kuliah Umum dosen dan mahasiswa pendidikan matematika FKIP Unsyiah

Dr. Mailizar, S.Pd., M.Ed. selaku narasumber pertama pada kuliah umum

Muthmainnah peserta kuliah umum bertanya kepada narasumber

Saiful Ahyar peserta kuliah umum bertanya kepada narasumber

Penyerahan penghargaan kepada narasumber (Dr. Mailizar, S.Pd., M.Ed.) oleh ketua jurusan pendidikan matematika (Dr. M. Ikhsan, M.Pd.)

Narasumber kedua oleh ibu Dr. Cut Morina Zubainur, S.Pd., M.Pd. pada kuliah umum

Penyerahan penghargaan narasumber 2 oleh Ibu Dra. Bintang Zaura, M.Pd. (dosen pendidikan matematika FKIP Unsyiah)

Ammar Muyasar peserta kuliah umum bertanya kepada narasumber 2

Panitia Kuliah Umum Pendidikan Matematika FKIP Unsyiah

Selamaddin peserta kuliah umum bertanya kepada narasumber

Program Studi S1 Pendidikan Matematika FKIP Unsyiah

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *