Ceramah Singkat bersama Ustadz Khairul Umum, S.Si.,M.A.EdSc. Dosen FKIP Matematika Unsyiah, 12 Maret 2018

Bertepatan pada hari Senin, 12 Maret 2018, Ustadz Khairul Umum, S.Si.,M.A.EdSc. mengisi ceramah singkat menjelang berbuka puasa yang dimulai sejak pulul 17.30 WIB di halaman depan masjid Jamik Unsyiah yang diselenggarakan oleh Fosma Unsyiah dengan tema “memakmurkan masjid”. Banyak kegiatan-kegiatan serupa yang diselenggarakan oleh Fosma Unsyiah dengan mengundang Ustadz dari berbagai daerah, hingga Ustadz Khairul Umam mendapatkan kesempatan untuk berbagi ilmu pengetahuan di bidang agama sore itu.

Ustadz khairul umam menjelaskan pada pertemuan singkat tersebut bahwa, setiap orang mempunyai hak dan kewajiban, jangan dijadikan suatu jabatan menjadi batas dalam berbagai kegiatan, gotong royong di masjid-masjid misalnya. Saat gotong royong, tidak kelihatan lagi mana guru dan siswa, keduanya sama-sama bekerja untuk membersihkan perkarangan masjid, karena masjid adalah rumah Allah SWT, tempat beribadah untuk semua umat muslim, maka wajib menjaga kebersihan hingga sekecil mungkin yang sering terabaikan seperti sampah disudut-sudut, sumbatnya saluran air, rumput, dan kotoran-kotoran yang tak kasat mata.

Pada pembahasan lainnya mengingat waktu yang begitu singkat, Ustadz Umam memberikan penjelasan terkait menghormati orang yang lebih tua, terutama kedua orang tua, yaitu sehina apapun orang tua, tetap syurga dibawah telapaknya. Ada tiga do’a yang dipanjatkan Rasullah SAW kepada Allah SWT dikala itu, diantaranya adalah jangan hukum umatku disaat itu. Berbeda pada zaman Nabi terdahulu, hukuman langsung dikabulkan Allah SWT saat manusia melakukan kesalahan pada saat itu pula.

Secara rinci isi dari ceramah tersebut tentu saja sangat panjang dengan selingan candaan kepada jama’ah. Hingga waktu berbuka tiba, ceramah singkat berakhir.

Berikut dokumentasi singkat yang berhasil diabadikan oleh PSPM FKIP Unsyiah selama beliau memberikan ceramah

Program Studi S1 Pendidikan Matematika FKIP Unsyiah

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *