MONCA Mengudara untuk Penyandang Disabilitas Netra

Mahasiswa Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) mengadakan Sosialisagi Mitigasi Bencana dalam rangka Program Kreativitas Mahasiswa bidang Pengabdian Masyarakat (PKM-M). Dalam kegiatan tersebut, mereka mengajak penyandang disabilitas netra untuk berpartisipasi aktif dalam upaya-upaya penanggulangan bencana. Kegiatan ini dilaksanakan di UPTD Rumoh Sejahtra Beujroh Meukarya (RSBM), Gampong Ladong, Kecamatan Mesjid Raya, Aceh Besar.

Pelaksana kegiatan merupakan tim PKM-M Monca (Monopoli Bencana), yang diketuai Dessy Maharani (Teknik Sipil 2014) dan tiga anggotanya yaitu Devi Arhami Putri (Pendidikan Matematika 2014), Sry Audian Ansari (Pendidikan Dokter 2015), dan Kiki Setiawan (Teknik Sipil 2016), serta dibimbing oleh Dr. Ir. Mochammad Afifuddin, M.Eng. Kegiatan sosialisasi ini merupakan puncak dari rangkaian program PKM-M Monca.

Kegiatan ini terdiri atas dua tahapan inti, yaitu sosialisasi dan permainan Monca. Diharapkan, kegiatan ini mampu menumbuhkan kesadaran masyarakat, terutama penyandang disabilitas netra, mengenai pentingnya pengetahuan tentang upaya-upaya pengurangan risiko bencana. Belum adanya program khusus mengenai mitigasi bencana terhadap penyandang disabilitas netra menjadi dasar dari pelaksanaan kegiatan ini. Padahal, penyandang disabilitas netra termasuk kelompok masyarakat yang rentan menjadi korban bencana.

Sebagai pelengkap, kegiatan ini menyertakan pretest dan posttest yang berisi berbagai pertanyaan mengenai mitigasi bencana. Hasil dari pretest dan posttest nantinya akan dianalisis secara deskriptif untuk mengetahui adakah peningkatan pengetahuan dan partisipasi peserta selama mengikuti kegiatan tersebut.

Adapun program PKM-M Monca didanai oleh Kemenristek Dikti. Program ini memiliki tiga sub-program, yaitu: perancangan buku saku mitigasi bencana khusus dengan tulisan braille, perancangan permainan Monopoli Bencana yang dilengkapi braille, serta pelaksanaan sosialisasi. Buku dan Alat bermain Monca yang telah selesai dirakit nantinya akan diserahkan kepada pengurus UPTD RSBM untuk digunakan kembali dalam sesi edukasi mitigasi bencana lainnya.

Gambar 1 Papan bermain Monca beserta Rel, Pion, dan Dadu

Gambar 2 Uang-Uangan Monca

Gambar 3 Praktik Bermain Monca

Gambar 4 Foto Bersama Setelah Kegiatan Sosialisasi

Gambar 5 Penyerahan Perangkat Monca Secara Simbolis

by Devi Arhamni Puti
Mahasiswa Pendidikan Matematika Unsyiah angkatan 2014

 

Program Studi S1 Pendidikan Matematika FKIP Unsyiah

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *