Dr. Cut Morina Zubainur, M.Pd.

CM

 

BIODATA
Inisial CM
Nama Lengkap (dengan gelar) Dr. Cut Morina Zubainur, S.Pd., M.Pd.
Jenis Kelamin Perempuan
Tempat dan Tanggal Lahir Sigli,18 Agustus 1972
NIP 19720818 200212 2 001
NIDN 0018087203
NRI 0010111800038
NIA 08100180016
NIK 1106105808720003
No Sertifikat Pendidik 15100101100859/ 28 Sep 2015
NPWP 49.982.143.7-101.000
KARPEG N. 198012
Jabatan Fungsional Lektor
Jabatan Struktural Dosen Pendidikan Matematika FKIP Unsyiah
GOL III/C
Pangkat Penata
Email cutmorina@gmail.com
Website/Blog Detail di FSD Unsyiah
Detail di Portal Portofolio Dosen Unsyiah
Detail di PSPM FKIP Unsyiah
Alamat Kantor Program Studi Pendidikan Matematika Lt 2 Gedung FKIP Unsyiah. Jln. Tgk Hasan Krueng Kalee, Darussalam, Kota Banda Aceh 23111 Provinsi Aceh. Website: matematika.fkip.unsyiah.ac.id. Email: matematika@fkip.unsyiah.ac.id"
Nomor Telepon Kantor (0651) 7412657
Lulusan yang telah dihasilkan S1 = … orang; S2 = … orang; S3 = … Orang
Matakuliah yang diampu Strategi Belajar Mengajar
Evaluasi Pengajaran Matematika
Perencanaan Pengajaran Matematika
Teori Himpunan
Sejarah Matematika
Sistem-sistem geometri
Seminar Pendidikan Matematika
Workshop Pembelajaran Matematika SD
Pembelajaran Matematika SD 1
Pembelajaran Matematika SD 2
Matematika Dasar
Kajian Matematika
Matematika untuk Kimia
Struktur Aljabar

 

PENDIDIKAN
PROGRAM JURUSAN INSTANSI TAHUN JUDUL PEMBIMBING
Doktor Pendidikan Matematika Universiti Utara Malaysia 2009/2014 Pengajaran dan Pembelajaran Pendidikan Matematik Realistik Indonesia (PMRI) di Sekolah Rendah Aceh Dr. Arsaythamby Vello
Magister Pendidikan Matematika IKIP Surabaya 1996/1999 Membangun Pengertian Konsep Pengukuran Panjang Bagi Siswa Kelas III SD Negeri Percobaan Malang Prof. Dr. Herman Hudoyo dan Prof. Dr. Sunarto
Sarjana Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala 1990/1995 Kemampuan Guru Menggunakan Alat Peraga dalam Mengajarkan Konsep Geometri di Sekolah Dasar Drs. Syahidin Hakim dan Drs. Hasan Munir
SMA/MA
SMP/MTsN
SD/MIN
TK -

 

PENELITIAN
WAKTU JUDUL KETERANGAN
2016 Tingkat Kepedulian (Stages of Concern) Guru Memanfaatkan Video dalam Melaksanakan Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Realistik untuk Mengembangkan Karakter Siswa Hibah Kompetensi
2015 Tingkat Kepedulian (Stages of Concern) Guru Memanfaatkan Video dalam Melaksanakan Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Realistik untuk Mengembangkan Karakter Siswa Hibah Kompetensi
2014 Tingkat Kepedulian (Stages of Concern) Guru Memanfaatkan Video dalam Melaksanakan Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Realistik untuk Mengembangkan Karakter Siswa Hibah Kompetensi

 

SEMINAR ILMIAH/ORAL PRESENTATION
Waktu Nama Pertemuan Ilmiah Judul Artikel Ilmiah
9-10 November 2016 The 2016 International Conference on Science and Technology Pre-service Teachers’ Perception of   Democratic Classroom in Teaching   Multiplication through Video
4-6 Oktober 2016 The 12th IMT-GT International Conference on Mathematics, Statistics and Their Applications (ICMSA), Unsyiah A Study of Teachers’ Understanding about the Characteristics of RME through Video
17-18 April 2016 The Fourth South East Asia Design/Development Research (SEA-DR) Conference 2016 UNP Padang Teacher Ability in Teaching of Finding π Value at Primary School
28-29 Nov 2015 Seminar Nasional Matematika dan Terapan (Simantap 2015) di IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa Pembelajaran Menemukan Nilai phi melalui  Pendekatan Matematika Realistik di Sekolah Dasar
18-19 April 2015 The Third South East Asia Design/Development Research (Sea-DR) Conference 2015 Unsri Palembang Media for Learning to Order Decimal Numbers on the Thematic Learning at Fourth Grade of Elementary School
28-29 November 2014 Seminar Nasional Matematika dan Terapan (Simantap 2014) di UHN Pematang Siantar Pengenalan Bilangan Desimal di Kelas IV Sekolah Dasar
2014 International Conference on Mathematics, Engineering and Industrial Applications (ICoMEA) The Role of Students’ Activities in Indonesian Realistic Mathematics Education in Primary School of Aceh
20-21 Agustus 2014 International Conference on Mathematics, Sciences, Technology, Education and Their Applications (ICMSTA) Pre-service Teachers’ Perspective to Identify Evidence of Teachers’ Effort on Developing Democratic Classroom through Video

 

PUBLIKASI ARTIKEL ILMIAH
WAKTU JUDUL KETERANGAN
2016 Pengenalan Sifat dan Karakteristik Tabung dengan Pendekatan Matematika Realistik Didaktik Matematika Vol 3 No 1, 2016
2016 Pembelajaran Menemukan Nilai PHI(π) melalui Pendekatan Matematika Realistik di Sekolah Dasar Kreano Vol 7. No 2, 2016
2014 How a Realistic Mathematics Educational Approach Affect Srtudeents Activities in Primary Schhols? Social and Behaviooral Science Vol 159, 2014
2013 Model Perubahan Konseptual untuk Mengatasi Kesalahan Konsep Siswa Kelas III SD/MI Pada Materi Pengukuran dengan Satuan Baku Multi Sains 4/1/Februari 2013
2012 Penerapan Pendekatan Matematika Realistik dalam Mengkonstruksi Algoritma Perkalian Siswa SD Serambi Ilmu 13 /2/September 2012
2012 Kurikulum Integratif pada Pembelajaran Tematis di SD/MI Dinamika Ilmu 3/5/Juli 2012
2012 Kompetensi Guru Melaksanakan Penilaian Berbasis Kelas di SD Negeri 3 Kota Banda Aceh Ragam Ilmu 1/4/Oktober 2012

 

PENGABDIAN MASYARAKAT
Tahun Nama Kegiatan
2016 Instruktur pada PLPG Tahap IV
2016 Instruktur pada PLPG Tahap III
2016 Instruktur pada PLPG Tahap II
2016 Instruktur pada PLPG Tahap I
2015 Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) Tahap IV
2015 Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) Tahap III
2015 Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) Tahap II
2015 Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) Tahap I
2015 Narasumber pada penulisansoal UASBN SD se-provinsi Aceh
2010 Pelatihan Peningkatan Kemampuan Guru Mengembangkan Pembelajaran Matematika Realistik di Gugus Garot Aceh Besar

 

KARYA BUKU/MODUL/BAHAN AJAR
WAKTU JUDUL KETERANGAN
2016 Modul Evaluasi FKIP UNSYIAH
2016 Modul Teori Grup FKIP UNSYIAH

 

PENUNJANG

WAKTU JENIS PENUNJANG KETERANGAN

350 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini