Laboratorium Pendidikan Matematika

Laboratorium Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Unsyiah merupakan laboratorium yang bertujuan untuk memfasilitasi mahasiswa dalam merancang media pembelajaran matematika sekolah. Pembelajaran matematika sekolah dimaksudkan sebagai pembelajaran matematika yang berlangsung di sekolah, baik tingkat sekolah dasar, maupun tingkat sekolah menengah. Berbagai alat peraga yang menunjang pembelajaran di sekolah tersedia di Laboratorium Matematika. Semua alat peraga yang ada dilengkapi dengan buku petunjuk penggunaannya dalam pembelajaran. Alat peraga tersebut seperti: alat peraga geometri, aritmetika, statistik, dan bidang ilmu matematika lainnya.

Selain alat peraga yang terus dihasilkan dalam kegiatan yang dilaksanakan di Laboratorium Pendidikan Matematika, seperti pada kegiatan praktikum dan workshop, juga berupaya belajar untuk mengkolaborasikan dengan media pembelajaran lainnya yang sedang familiar saat ini, seperti menciptakan video pembelajaran matematika yang dibuat oleh mahasiswa menggunakan bantuan software tertentu, dan penggunaan media pembelajaran berupa aplikasi matematika, aplikasi yang digunakan beragam jenis berdasarkan bentuk, penggunaan, dan fungsinya seperti Matlab, Turbo Pasca, Turbo Basic, Just Basic, Geogebra, Autograph, Maxima, SPSS, Cabri 3D, GoogleSketchUp, GSP 402 (skadpad), Mathematica, Macromedia Flash, dan masih banyak lagi aplikasi matematika lainnya.

Hal ini terus diupayakan agar selalu terupdate dalam memenuhi tuntutan daya saing yang signifikan pada saat ini, sekaligus untuk memenuhi keperluan faktor internal maupun faktor eksternal. faktor internal seperti keperluan mahasiswa pada praktek mengajar (micro teaching) dan praktek lapangan di sekolah (PPL), maupun faktor eksternal seperti pameran alat peraga yang diselenggarakan mahasiswa, bakti sosial, penelitian, dan sekolah mitra, sesuai dengan peraturan peminjaman yang berlaku di laboratorium pendidikan matematika.

 

1,000 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini