Sejarah Program Studi Pendidikan Matematika

gedung-fkip-2

Pada tanggal 02 September 1961, Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan Universitas Syiah kuala didirikan dengan nama Jurusan Ilmu Pasti Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, yang merupakan realisasi Surat Keputusan Menteri PTIP Nomor 09/1961, tertanggal 20 Juni 1961 dengan 4 (empat) Jurusan yaitu Jurusan Ilmu Pasti (Ketua Jurusan Drs. V. J Pandiangan), Jurusan Pendidikan Ekonomi (Ketua Jurusan Drs. Ibrahim Hasan), Jurusan Ilmu Hayat (Ketua Jurusan Drs. Hasan Zaini) dan Jurusan Ilmu Pendidikan (Ketua Jurusan Drs. Syamsuddin Ishak) yang merupakan salah satu syarat perlu dilengkapi untuk dapat disahkan berdirinya Universitas Syiah Kuala.

Berdirinya Jurusan ini tidak terlepas dari jasa-jasa Drs. Soentadji Soedibiyantono (Dosen Teknik), Dr.Soetarto, M.Sc (Dosen Teknik), Drs. TD. Yusuf (Dosen FKIP), Ir. Kamarlis Karim (Dosen Pertanian), Dr. drh. Ahmad Damhuri, MS (Dosen FKH). Perkembangan selanjutnya pada tahun 1962/1963, empat orang tenaga pengajar tetap lama (yaitu Drs. V. J Pandiangan, Drs. C. Manurung, Drs. W. Sihite dan Drs. Suhadi) pindah ketempat lain, namun dua diantaranya adalah tenaga pengajar tetap pada Jurusan Pendidikan Matematika yaitu Drs. V. J Pandiangan dan Drs. Drs. C. Manurung.

Sejak kepindahan tenaga pengajar tersebut, Jurusan Pendidikan Matematika mengalami kekosongan sehingga tidak diketahui pasti siapa yang menjabat ketua jurusan berikutnya. Namun baru pada tahun ajaran 1965/1969 Jurusan Pendidikan Matematika dipimpin oleh Drs. Soentadji Soedibiyantono  dan sekretaris Saidi, SH, pada tahun 1969 dipimpin oleh Dr.Soetarto, M.Sc. dan Sekretaris Drs. TD. Yusuf. Hal ini berlangsung sampai Jurusan Pendidikan Matematika FKIE-IKIP Bandung cabang Banda Aceh berintegrasi kedalam Universitas Syiah Kuala.

Namun dalam perjalanan Jurusan Pendidikan Matematika, tak dapat kita lupakan berbagai jasa tenaga para pengajar luar biasa yang telah bersusah payah dengan kerelaan hati untuk menyumbangkan tenaga, pikiran dan darma baktinya kepada Jurusan Pendidikan Matematika. Adapun nama-nama tenaga pengajar luar biasa tersebut antara lain : Ir. Gani Abu, M. Kamil, Drh. Damhuri, Drs. Soentadji Soedibiyantono, Ir. Haryoto, R. Bambang, B. Sc, Ir. Soedibjo, Ir. Kamarlis Karim, Dr. Soetarto, M.Sc dan lain-lain.

1,410 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini